Jurusan Teknik Otomotif yang Menjanjikan

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas, banyak orang yang merasa bimbang untuk memilih jurusan apa yang akan mereka masuki ketika kuliah nanti. Akutansi, kedokteran, teknik mesin, teknik industri dan teknik informatika mungkin menjadi beberapa jurusan yang paling banyak disebut oleh mereka yang berminat mengenyam pendidikan sekolah tinggi. Meskipun begitu, ada salah satu jurusan yang masing asing didengar namun dapat memberikan masa depan yang menjanjikan lho. Jurusan yang menjanjikan tersebut adalah jurusan teknik otomotif.

Keunggulan yang Ditawarkan oleh Jurusan Teknik Otomotif

Menjadi jurusan yang masing asing di telinga, jurusan teknik otomotif nyatanya dapat memberikan masa depan yang menjanjikan. Jika kita mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh jurusan perkuliahan ini, kita dapat melihat bahwa jurusan teknik otomotif tidak kalah baik dengan jurusan jurusan teknik yang lainnya. Untuk mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh jurusan teknik otomotif, simak penjelasannya di bawah ini.

Jurusan teknik otomotif menghadirkan ilmu yang lengkap menjadi keunggulan yang pertama yang dimilikinya. Ketika kita kuliah di jurusan perkuliahan ini, kita akan mendapatkan pengetahuan yang menyeluruh. Pengetahuan yang didapatkan mulai dari perancangan body kendaraan dan desain mesin, proses pengujian, proses perakitan hingga proses perawatan. Kelak kita akan mengetahui proses pembuatan dan cara pengoperasian kendaraan darat seperti mobil, sepeda motor, bus, truk hingga kereta api.

Kelak kita juga akan memiliki spesifikasi sendiri akan sistem khusus yang berhubungan dengan dunia otomotif seperti mesin pembakaran, sistem pembuangan, body kendaraan dan sasis atau kerangka internal. Jika kita memiliki minat besar akan desain body mobil, di masa depan kita dapat menjadi sosok yang spesialis di bidang desain body mobil. Dalam jurusan ini, kita dapat dengan bebas memilih bidang spesialis yang sesuai dengan minat.

Keunggulan yang dimiliki oleh jurusan teknik otomotif lainnya adalah memilih kegiatan perkualiahan yang menarik dan menantang. Ketika menempuh pendidikan di jurusan ini, ada banyak pengalaman menarik yang akan kita dapatkan nantinya. Tidak hanya berkaitan dengan teknik saja, sisi kreatif yang kita miliki akan diasah secara tidak langsung. Berikut ini merupakan beberapa jenis kegiatan yang kelak akan kita lakukan ketika kuliah di jurusan teknik otomotif:

  1. Merancang dan melakukan uji pemeliharaan sistem otomotif
  2. Mendesain dan mengoptimalkan penggunaan bahan tertentu berdasarkan komponen otomotif, menerapkan prinsip mekanik, prinsip mekatronik dan termodinamika guna menyelesaikan masalah dan menemukan solusi ketika berhadapan dengan suatu masalah
  3. Merancang model kendaraan dengan memanfaatkan software yang berbasis komputer

Bekerja di bengkel bukan satu-satunya masa depan yang akan dihadapi oleh lulusan teknik otomotif. Karena ilmu desain, pengembangan, perawatan dan produksi yang telah kita kuasai, kesempatan bekerja di dunia kerja semakin luas. Banyak lulusan dari jurusan teknik otomotif dapat bekerja sebagai designer, engineer dan maintenance planner. Kita bahkan dapat menjadi spesialis otomotif atau insinyur otomotif setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah.

Universitas yang Menawarkan Jurusan Teknik Otomotif

Menjadi program studi yang menjanjikan, banyak universitas yang menawarkan jurusan teknik otomotif kepada para lulusan sekolah menengah baru. Mereka yang memilih jurusan ini tentunya akan dibekali ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan dunia otomotif. Di Indonesia sendiri, ada 7 universitas yang menyediakan jurusan teknik otomotif. Dari ketujuh universitas tersebut, ada beberapa yang telah berakreditasi A. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai ketujuh jurusan teknik otomotif yang ada di Indonesia.

  1. Universitas Negeri Malang

Di universitas ini, jurusan teknik otomotif memiliki akreditasi A yang berlaku dari tahun 2017 hingga tahun 2022 mendatang. Total SKS yang dihadirkan oleh jurusan teknik otomotif yang dimiliki oleh universitas ini sebanyak 144 hingga 152 SKS. Sistem kontrol mesin, perbaikan body kendaraan, teknik motor bensin, kelistrikan engine dan teknologi motor diesel merupakan beberapa mata kuliah yang akan kita pelajari.

  1. Universitas Negeri Makassar

Jurusan teknik otomotif berakreditasi A juga dapat kita temukan di Universitas Negeri Makassar. Akreditasi yang dimiliki oleh universitas ini telah berlaku hingga tahun 2017 dan akan berakhir di tahun 2022 nanti. Universitas ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana yang mandiri, cerdas, kompetitif dan mampu bersaing di dunia kerja. Mata kuliah yang dihadirkan oleh jurusan ini terdiri dari elektronika otomotif, teknik alat berat, material teknik dan modifikasi sepeda motor.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

Di universitas ini, jumlah SKS yang akan kita tempuh nantinya berjumlah 148 SKS. Teknik otomotof dasar, termodinamika, elemen mekanik otomotif dan teknologi sepeda motor menjadi mata kuliah yang dipelajari oleh jurusan teknik otomotif di universitas yang berada di Yogyakarta ini.

  1. Universitas Negeri Padang

  2. Universitas Muhammadiyah Purworejo

  3. Universitas Negeri Semarang

  4. Universitas Negeri Medan

Setelah membaca artikel ini maka setidaknya kamu bisa tau universitas mana yang menyediakan jurusan teknik otomotif sehingga kamu bisa lebih mudah untuk memilih.