Sejarah Mobil Di Dunia

Kata mobil merupakan kependekan dari automobil yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “autos” yang berarti sendiri dan bahasa latin “movere” yang artinya bergerak. Awal mula sejarah mobil di dunia merupakan proses yang cukup panjang karena mobil sendiri merupakan sebuah kendaraan yang terdiri dari berbagai komponen yang mendukung pengoperasiannya.

Perkembangan mobil di dunia telah berkembang pesat pada jaman yang telah modern ini, dari mobil di dunia yang berbahan bakar bensin, mobil di dunia dengan tenaga listrik, mobil di dunia menggunakan tenaga panas dan cahaya matahari atau tenaga surya.

Begitu pula bentuk dari mobil itu sendiri, dengan berbagai model serta variasi exterior yang mewah dan interior yang elegan. Kecanggihan kelistrikan untuk perangkatnya pun ada yang sudah dibikin dengan setelan komputerisasi. Hingga tidak heran lagi harga mobil di dunia saat ini hingga miliar rupiah.

Asal Mula Mobil Bertenaga Uap

Sejarah mobil pertama di dunia dimulai pada tahun 1769 seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis yaitu Nicolas J. Cugnot menciptakan sebuah kendaraan 3 roda dengan badan yang cukup besar dan digerakkan oleh mesin uap.

Pada saat itu Cugnot membuat mobil di dunia ini untuk keperluan mengangkut meriam dalam medan perang. Hasil ciptaannya ini belum dapat dikatakan sempurna karena masih sangat sederhana, sehingga pernah mengalami beberapa kali kecelakaan.

Hasil karya Nicolas J. Cugnot membuat insinyur lain tertarik dan mengikuti jejaknya untuk membuat mobil di dunia. Seperti yang dilakukan oleh William Murdock yang melakukan kerja sama dengan James Watt dari Inggris dalam menciptakan kendaraan sejenis bermesin uap pada tahun 1784.

Lalu ada juga beberapa ilmuwan lain yang menciptakan mobil di dunia sejenis bermesin uap seperti Richard Trevitchik, Sir G. Gurnay yang pada tahun 1830 mobil di dunia ciptaannya mampu melaju dengan kecepatan 20 km/jam.

Hingga menjelang akhir abad 19 kendaraan bermesin uap terus bermunculan, walaupun mesin yang digunakan tersebut sering sekali mengalami masalah karena meledak. Selain itu mesin ini mempunyai suara yang lebih senyap dan tidak menghasilkan asap tebal yang mengganggu.

Memasuki pertengahan abad ke 19 perkembangan mobil di dunia mulai berkembang pesat, saat itu para ilmuwan mulai merancang konsep kendaraan dengan mesin berbahan bakar lainnya. Di tahun 1860 seorang insinyur Perancis yaitu Joseph E. Lenoir berhasil membuat sebuah mesin dengan bahan bakar campuran antara batu bara dan gas serta udara atmosfer.

Lahirnya Mobil Berbahan Bakar Bensin

Namun pada tahun 1886, seorang warga Negara Jerman mempunyai pengembangan mobil di dunia dengan bahan bakar bensin. Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan bahan bakar bensin ini bernama Carl Benz.

Sedangkan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil di dunia dengan bahan bakar bensin ini pada waktu yang hampir bersamaan. Pada tahun 1879, Carl Benz menyelesaikan penemuannya tersebut dan menjadi sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali yang dipatenkannya.

Sebuah penemuan baru lagi yaitu mobil di dunia dengan model mesin dua stroke akhirnya dipatenkan kepada George B. Selden pada tahun 1895, Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan model mesin yang spektakuler juga sempat menjadi sebuah terobosan bagi Berta Benz pada tahun 1888.

Dalam jangka waktu beberapa tahun, akhirnya beberapa model dan tipe mobil di dunia yaitu tenaga uap, listrik dan bensin ini pada tahun tersebut mengalami persaingan. Diproduksinya mobil di dunia dengan skala besar dan harga terjangkau pada jaman tersebut, tahun 1902 oleh Oldsmobil menjadi berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1910 lebih dikembangkan lagi besar-besaran oleh Henry Ford.

Sejarah 5 Mobil Tertua Di Dunia

Jika kita berbicara soal mobil tertua di dunia, bayangan kita pasti akan tertuju kepada Ford Model T. Itu bisa dimengerti, pasalnya mobil tersebut telah masuk ke dalam sejarah mobil di dunia yang diajarkan di sekolah-sekolah yang ada di Amerika Serikat.

Kelahiran Ford Model T merupakan salah satu kontribusi Henry Ford terhadap mobil di dunia produksi massal. Tapi, jika kita berbicara lebih dalam lagi soal mobil di dunia tertua, maka Ford Model T akan masuk ke daftar terbawah dari mobil tertua di dunia.

Pasalnya, mobil di dunia tertua bukan berbahan bakar bensin, melainkan tenaga uap. Mobil bertenaga bensin tertua tidak dibangun sampai 1885, saat Karl Benz memproduksi Benz Patent-Motorwagen. Akhirnya mesin diesel dan bensin terbukti lebih mudah untuk diproduksi massal.

Mesin tersebut juga terbukti lebih mudah diprediksi dan dapat diandalkan serta dapat dioperasikan secara ekonomis. Laman Cheatsheet telah merilis dapat 5 mobil tertua di dunia. Model-model apakah itu? Mari kita ungkap satu persatu.

    1. Cugnot Fardier

      Cugnot Fardier adalah kendaraan ‘self-propelled’ pertama untuk mengangkut manusia. Mobil pertama di dunia ini merupakan hasil inovasi dari insinyur di Angkatan Darat Prancis yakni Nicolas-Joseph Cugnot. Soal Cugnot Fardier sebagai ‘self-propelled’ pertama di dunia masih diperdebatkan.

    2. Hancock Omnibus

      Hancock Omnibus dibangun oleh penemu asal Inggris yakni Walter Hancock dan dapat dianggap sebagai kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses secara komersial di dunia. Bisa dikatakan, Cugnot Fardier adalah penemu tersukses di dunia militer, dan Hancock Omnibus adalah penemu kendaraan penumpang tersukses di dunia.

    3. Grenvile Steam Carriage

      Pada 1875, Robert Neville Grenville dari Butleigh, Glastonbury, Somerset, Inggris mulai merancang kereta uapnya. Di era itu mayoritas mobil dibuat secara ‘handmade’ alias dibuat dengan tangan dan biaya operasionalnya pun terbilang mahal.

    4. La Marquise

      La Marquise adalah salah satu mobil tertua di dunia. Dibangun pada 1884 oleh tiga orang berkewarganegaraan Prancis yaitu De Dion, Bouton dan pardoux. Mobil itu adalah prototipe quadricycle yang dinamai La Marquise (nama ibu dari De Dion).

    5. Benz Patent-Motorwagen lansiran 1886

      Dalam sejarah mobil, Benz Patent Motorwagen diakui sebagai mobil bertenaga bensin pertama di dunia. Sejatinya dibangun pada 1885, tidak dipatenkan hingga 1886.